Arsip Blog

Rabu, 05 Mei 2010

BUBUR BUAH BUAT BAYI

CONTOH RESEP BUBUR BUAH
Spesial buat Dewi dan Neni GMSK 30.Dari beberapa resep bubur buah yang dicontohkan oleh Pak Ali dkk dalam bukunya,dapat disimpulkan bahwa bubur buah ini sejenis jus buah tanpa tambahan gula ataupun susu.Ada bubur buah yang hanya disaring(jeruk),dilumatkan dengan sendok(pisang atau alvokat),atau diblender.
Ada beberapa contoh resep bubur buah dan resep ini bisa dikombinasikan dengan bahan tambahan ( sayuran,bahan pati atau kacang-kacangan).
-BUBUR JERUK:10sdm air perasan jeruk + 8 sdm cairan (ASI/air matang).
-BUBUR PISANG:50g pisang + 8 sdm cairan(ASI/air jeruk manis).Bahan dilumatkan dengan sendok atau diblender.
-BUBUR SEMANGKA APEL: 25g semangka kupas(buang bijinya) + 70g apel kupas(buang bijinya) + 6sdm cairan (ASI/air matang).Semua bahan diblender hingga lembut segera berikan pada bayi.
-BUBUR ANGGUR: 75g anggur merah(kupas dan buang bijinya) + 8sdm cairan (ASI/air matang).Bahan diblender hingga lembut.
-BUBUR PISANG KACANG MERAH:50g pisang + 10g kacang merah segar(rebus hingga e mpuk)+ 3 sdm yoghurt tawar + cairan (ASI/air matang).Blender semua bahan hingga lembut.
-BUBUR APEL BAYAM:70g apel merah,(kupas buang bijinya)+ 20g daun bayam(rebus hingga empuk) + cairan (ASI/susu formula bayi)
-BUBUR ANGGUR KENTANG TEMPE: 75g anggur merah(kupas buang bijinya)+ 10g kentang kukus + 10g tempe (rebus)+ 6sdm air jeruk manis.Blender semua bahan hingga lembut.
Beberapa bahan makanan yang tidak disarankan:buah kaleng,jus buah dalam kemasan,jeruk yang rasanya asam,jeli,manisan,kismis,kacang tanah,kacang mete,kacang almon,kacang kenari,selai kacang tanah,minyak kacang tanah,gula pasir,sirop,madu,garam,coklat bubuk,cabai,merica,esen,bahan pewarna,penyedap rasa/kaldu blok,telur (terutama outih telur)ubi jalar,tepung terigu,minuman bersoda,teh,kopi.

TAHAP PEMBERIAN BUBUR BUAH
Pemberian makanan pendamping harus sesuai dengan perkembangan kemampuan organ pencernaan dan keterampilan makan bayi.Hanya di tahun pertama ini,bayi mengalami perubahan jenis,komposisi,bentuk dan tekstur makanan.Oleh karena itu lakukanlah secara bertahap,awalnya 1-2 sendok makan.Bila bayi menerima,tambahkan 1 sdm lagi dan seterusnya.Berikut ini kebutuhan bubur buah sesuai usia bayi :
-6 bulan minimum 6 sdm
-7 bulan minimum 7 sdm
-8 bulan minimum 8 sdm
-9,10,11 bulan berturut-turut minimum 9,10,11 sdm
-12 bulan separuh porsi orang dewasa atau minimum12 sdm.

TIP MEMBERI BUBUR BUAH
-Sajikan bubur buah dalam keadaan segar.Oleh karena itu siapkan sesaat sebelum diberikan ke bayi.Buat dalam jumlah sekali makan karena makanan ini tidak disarankan untuk disimpan.
-Awalnya,berikan bubur buah dari satu jenis buah yang diperkenalkan 2-3 hari berturut-turut agar bayi dapat mengenal rasanya.Setelah itu perkenalkan buah lain.Dengan cara ini pula,dapat diketahui ada tidaknya jenis buah yang berpotensi menimbulkan alergi.Jika sudah terbiasa dengan rasa buah tersebut,Anda bisa membuatkan bubur buah dengan campuran bahan lain.
-Bila bayi menolak ketika diberi bubur buah,jangan dipaksa,berikan lagi pada hari berikutnya.Jangan cepat menyimpulkan bayi Anda tidak menyukai bubur buah tersebut.
-Bila bayi menunjukkan reaksi alergi terhadap bubur buah tertentu,bukan berarti selamanya Anda tidak memberikan makanan tersebut.Latihlah anak Anda untuk menerima makanan tersebut di usia yang lebih besar.
-Berikan bubur buah pada saat si kecil setengah lapar.Pemberian bubur buah tidak boleh mengganggu jadwal pemberian ASI berarti bubur buah hanya boleh diberikan setelah bayi disusui atau diantara dua jadwal penyusuan.
-Saat menyuapi,letakkan sedikit makanan pada sendok,lalu masukkan perlahan pada mulut,Jika ada makanan yang dikeluarkan gunakan sendok untuk mengambilnya dan suapkan kembali.Ini dilakukan agar bayi menyadari bahwa makanan yang diberikan ke mulutnya harus segera ditelan.
-Beri waktu bayi Anda untuk mengunyah dan menelan.
-Jangan lupa berikan air putih sebelum dan sesudah si kecil menghabiskan makanannya.Batasi pemberian air putih sebelum makan agar bayi tidak cepat kenyang sebelum makanan utamanya disantap.
-Tidak disarankan memasukkan bubur ke dalam botol susu atau membuat lubang dot lebih besar.
-Selama masa perkenalan jangan memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya,karena umumnya bayi memerlukan proses adaptasi.Seiring dengan bertambahnya usia,bayi akan dapat menerima porsi yang lebih besar.
Selamat mencoba ya!Mudah-mudahan berhasil dan harus sabar lho.Saat menyuapi sang buah hati bersikaplah santai dan tidak kecewa.Ajak si kecil bercanda dan jangan lupa lakukanlah kontak mata dengan si kecil.
(Sumber:Prof.Dr.Ir.Ali Khomsan,MS dkk. 2008.60 Variasi Bubur Buah Sehat.Pustaka Bunda.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar