Arsip Blog

Sabtu, 24 April 2010

MAKANAN PENDAMPING ASI USIA 6 BULAN

Setelah bayi berusia 6 bulan dianjurkan diberi makanan berupa bubur buah. Bubur buah merupakan makanan bertekstur lembut dan setengah cair yang terdiri atas campuran macam-macam buah dengan cairan (ASI/air matang) atau buah dengan bahan makanan lain(sayuran,kacang-kacangan,sumber pati).
Mengapa awalnya bayi diberi bubur buah?Menurut Prof.Dr.Ir.Ali Khomsan,MS.dkk. beberapa alasan mengapa diawal bayi diberi bubur buah adalah:
- Bubur buah mengandung karbohidrat yang mudah dicerna (gula buah) dan tidak merangsang organ pencernaan.
- Buah kaya enzim-enzim pencernaan.
- Mengenalkan bubur buah mendukung perkembangan keterampilan makan bayi (refleks mengisap dan menelan).
- Buah kaya vitamin (vitamin C dan A) dan mineral (kalium,kalsium,natrium).
- Buah merupakan sumber cairan bagi tubuh.Bayi memerlukan 50% cairan lebih banyak dibandingkan orang dewasa untuk mangangkut nutrisi ke seluruh tubuh,mendukung pertumbuhan jaringan,dan membuang sisa metabolisme.
- Buah-buahan kaya rasa dan aroma.
- Pengenalan rasa di usia dini baik untuk melatih indera pengecap dan penciuman bayi.Dengan demikian,kelak bayi menyukai ragam makanan.
Beberapa buah yang disarankan untuk diberikan pada bayi usia ini antara lain: jeruk manis (jeruk baby,jeruk Palembang,jeruk medan),jambu biji(sebaiknya jambu biji merah) papaya,pir manis dan berdaging(pir Yangli,pir Sango,pir manis/sweet pear),melon(melon jingga,melon hijau),semangka(semangka merah,semangka kuning),apel manis dan berdaging empuk(apel Read Delicious),avokad,anggur,belimbing manis,mangga(mangga madu,arumanis,manalagi,gedong gincu),pisang(pisang ambon,raja,kapok),srikaya,tomat buah,blewah.
Bahan tambahan yang dapat diberikan pada bubur buah untuk bayi usia ini adalah:
- Untuk sayuran dan sumber pati: wortel,labu kuning,bayam hijau/merah,kangkung,jagung manis,brokoli,mentimun,daun katuk,kentang.
- Untuk kacang-kacangan:kacang merahkacang kedelai,kacang hijau,kacang tolo.
- Cairan yang bisa ditambahkan untuk pengatur kekentalan bubur buah:ASI,susu sapi formula bayi, susu kedelai formula bayi,yoghurt tawar (plain yoghurt),air jeruk manis,air matang.
Dalam pembuatan bubur buah,sebaiknya pilih buah yang segar (tidak keriput),rasanya manis,bertekstur lembut,dan matang optimal. Jangan lupa cuci bahan dengan air mengalir,kupas kulit,buang bijinya lalu potong-potong. Untuk bahan yang dagingnya cukup keras seperti kentang,kacang-kacangan dan sayuran perlu dikukus atau direbus dahulu.Menghaluskan buah bisa dengan diblender,diparut,disaring atau digerus tergantung dari buah yang digunakan.Tambah sedikit cairan untuk mengatur kekentalan bubur buah. Untuk awal pemberian,bubur harus dibuat encer terlebih dahulu,kemudian tambah kekentalannya sesuai dengan keterampilan makan bayi. Untuk tahap pemberian selanjutnya, bubur buah bisa ditambah dengan bahan lain seperti sayuran,kacang-kacangan dan sumber pati.Pastikan bubur buah bertekstur halus.bila kurang halus saring terlebih dahulu.
(Sumber:Ali Khomsan dkk.2008.60 variasi bubur buah sehat.Pustaka Bunda.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar